Kamis, 21 April 2011

Perkembangan teknologi dan komunikasi

Seiring berkembangnya Teknologi komunikasi di Dunia, banyak yang kita tangkap dari sana. Dari awal mulanya berkomunikasi secara sederhana dengan bahasa isyarat, sampai dengan bahasa yang bertekhonologi semacam ini pada masa sekarang, apalagi sekarang bila kita biaca tentang komunikasi, jangkauannya sangat luas, sekarang kita mengenal Social Network Media sebagai Cyber Communication.
Apa yang dimaksud dengan Cyber Communication? adalah salah –satu jalur penyaluran pesan lewat media massa yang distribusinya melalui jaringan internet, dimana cara penyajiannya bersifat luas, up to date (terkini), interaktif, dan 2 way communication, Salah satu wadah untuk komunikasi ini adalah Blogg.
Adapun Ciri Ciri Cyber Communication adalah; Bersifat luas, Up to Date, 2 Way Communication, Interaktif sifatnya tidak statis.
Nah kadang kalau kita bicara Cyber Communication pasti kita berfikir bagaimana Media Traditional, karena kehadiran media baru memunculkan sebuah generasi yang berbeda dalam mangonsumsi informasi. Yang contohnya : Koran, majalah, tabloid, menjadi internet news, E-book, online social media, dan sebagainya. Banyak Negara di asia yang sudah akrab dengan media seperti ini, efek bagi media tradisional adalah menjadi khawatir kalau media baru ini akan menyabotase atau bahkan menggantikan media tradisional, karena fakta yang didapat menyiratkan bhawa di masa depan new media ini akan berperan, dengan partisipasi masyarakat yang semakin besar.
Dampak Word of Mouth Communication:
– 1. Positive word of mouth communication, yaitu konsumen memberi persepsi baik, dimana kepuasan dan kualitas jasa telah memenuhi ekspektasi konsumen.
• Aktualisasinya dapat berupa rekomendasi kepada orang lain tentang kelebihan produk/jasa tersebut.
– 2. Negative word of mouth communication, yaitu konsekuensi dari persepsi buruk pelanggan terhadap produk/jasa tersebut.
• Aktualisasi dapat berupa: (1) pemberitahuan tentang niat pindah (word of mouth about servis switching) yaitu cerita individu/pengalaman (personal stories) dan keluhan (complaining), atau (2) mencari penyedia jasa baru (search for new service).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar